Pelajaran wiken

sick-girl

Menjelang wiken:

senin: pergi kerja dalam keadaan segar. walau hari-hari sebelumnya bogor sering diguyur hujan. siang terik bisa tiba-tiba hujan deras.

selasa: jakarta pun sama. siang terik tiba-tiba hujan mengakibatkan jalanan macet sore hari. sore menjelang magrib saya masih kelayapan jalan kaki menuju stasiun karet. cuaca gerimis. tapi saya sempat menikmati pelangi yang muncul sebentar saja. mendekati jembatan dan di bawahnya ada sungai, saya melihat matahari terbenam dengan warna orange yang memantul ke sungai. saya, tentu saja motret dan berdiam sejenak di atas jembatan. azan magrib sayup-sayup terdengar. 

rabu: pagi, telapak kaki terasa sakit, pegal. mungkin akibat kemarin sore jalan kaki yg cukup jauh menggunakan sendal cantik. siangnya, dapat pesan ina ngajak jalan-jalan ke perkemahan sukamantri hari minggu ini. tentu saja saya menyambut gembira. sudah lama ga jalan-jalan di antara pepohonan rindang. malam hari, saya berjanji sama mama untuk mengantar pergi ke jakarta hari sabtu.

kamis: pagi jakarta sudah terik. berangkat menuju kantor kementrian di sekitar museum nasional. ruangan dengan penyejuk udara selama 4 jam, membuat tubuh kedinginan tapi tidak menggigil. siangnya terpapar matahari terik. ada ajakan dari anne buat bertemu di acara festival korea di jakarta sabtu sore. yuuhuuu. tentu saja saya menyanggupinya. jadi, setelah nganter mama ke rumah tante, sorenya saya bisa berkumpul bersama teman-teman. sip! saya senang, wiken ini jadwal saya penuh. sabtu dan minggu. itu yang saya inginkan.

jumat: pagi. hidung bersin itu sudah biasa. tapi ini tidak berhenti dan mengeluarkan carian encer. hidung saya gatal. siang. bersin saya semakin hebat. tempat sampah sudah penuh dengan tisu yang basah.. hiiyyyyyyy! 😀 menjelang sore, saya mengabarkan sama anne, kondisi saya yg semakin lemah akibat flu. anne menguatkan saya dengan rayuan besok makan sushi saya akan sembuh. sore di kereta, hidung saya masih ingusan. tisu terakhir. bogor masih jauh. tidak ada penjual tisu di kereta. saya sibuk meraba kerudung, apakah menyerap air. tapi tidak tega menggunakannya. saya mengeluarkan kembali tisu yang sudah terpakai yang belum terlalu basah… hahahaha.. darurat euy!!

sabtu: saya tepar! rencana bubar! mama pergi sendiiri ke jakarta. tidak bisa dibatalkan. saya kirim pesan sama anne dan ina, saya nggak bisa pergi kemana-mana. badan saya demam… huhuhu… 😦 hidung masih bersin2, masih meler. seharian itu saya hanya tidur. mau jalan dari kamar ke ruang tipi pun lemes. mau makan pun males. saya hanya makan buah2an, pisang, pepaya, jeruk. biskuit. mulut tidak enak. saya malah membayangkan soto padang. yaa nggak ada lah!

minggu: masih tepar. nggak bisa berpisah dengan selimut. baju anget, dan tisu. tiba2 saya menyadari satu hal. suka denger ini kan: Tuhan tidak memberikan apa yang kita inginkan tapi apa yang kita butuhkan. Nah! Di wiken itu saya ingin jalan-jalan ke sana kemari. bertemu teman. maen ke kaki gunung. tapi itu kan keinginan saya. saya tidak memperhatikan kondisi tubuh saya yang sebenarnya lemah tak berdaya. butuh istirahat! ISTIRAHAT lah yang saya butuhkan. wiken itu buat istirahat. karena selama satu minggu badan saya sudah lelah. akhirnya saya istirahat total selama 3 hari. senin nggak masuk. lemes. saya menikmati tidur seharian di rumah dengan selimut tebal. pokoknya tidur, makan, tidur. mau nonton pun males.

coba kalau saya tetep jalan2 saat wiken. mungkin bukan hanya demam yang akan saya rasakan. saya tidak mau membayangkan apa yang akan terjadi sama saya. tapi, kita tidak bisa mengabaikan alarm tubuh.

dan ternyata, ritual sakit saya selalu berawal dari berjalan kaki di bawah hujan gerimis. padahal saya sering ujan2an tapi nggak pernah sakit. entahlah, mungkin hujan di jakarta sudah terpapar polusi tingkat asamnya tinggi jadi membuat saya sakit.

dan sekarang, hujan turun deras. saya tidak takut hujan. macet yang saya takutkan. ojek pun tak mau jalan. saya nggak mau jalan kaki lagi. saya belum sembuh. saya harus pulang cepat sore ini. minggu ini sudah ada jadwal. iyaaa jalan2 lagi. kemana? ke hatimuuuu..!

muah!

Leave a Reply

