Googling dahulu bertanya kemudian

Di jaman internet gini, kayaknya orang ga boleh banyak bertanya. Karena ada yang akan menjawab: Sudah cari lewat google? Sudah search di internet? Sudah tanya mbah gugel? Eh sejak kapan sih gugel menjadi mbah.

Beberapa hari lalu seorang teman mengirim pesan lewat hape menanyakan harga tiket di bioskop bogor dan nama bioskopnya!! Kalau orang Jakarta sih saya maklum, tapi ini yang nanya orang bogor dan sering main ke pertokoan dimana bioskop itu berada. Dan saya tahu banget, teman itu punya hape keren yang bisa dipakai buat browsing informasi lewat internet.

Tentu saja saya tidak balas menjawab, sudah googling? Laah siapa tahu teman saya ini sudah habis kuota langganan internetnya. Atau dia memang pengen ngobrol sama saya lewat sms dan bisa berbagi cerita, nanya bioskop adalah pembuka obrolan. Dan teman saya itu tahu banget, saya senang nonton film di bioskop. Jadi, dia lebih suka bertanya langsung pada saya, dan dapat informasi harga popcorn.

Seperti halnya beberapa hari lalu, saya menanyakan tentang tempat latihan yoga di Bogor kepada seorang kenalan. Tentu saja saya sudah mencarinya lewat internet. Tapi bertanya kepada orang yang lebih tahu tentang yoga Bogor, lebih memuaskan buat saya, karena ada tambahan informasi mengenai biaya latihan, informasi tentang pelatihnya, yang kadang informasi tersebut tidak tertera di internet.

Di media sosial juga banyak orang yang melempar pertanyaan, dari hal tempat makanan, mencari sepatu, rute perjalanan, tempat penginapan, dll. Tentu saja banyak orang membantu dengan menjawab informasi yang dibutuhkan. Kadang dilengkapi dengan tautan jika informasi tersebut berasal dari internet.

Saya pernah ragu untuk melempar pertanyaan di facebook, karena orang-orang pasti akan mengira saya malas untuk search di internet. Kalau bisa online facebook, seharusnya sudah bisa online untuk cari informasi di internet. Tapi ya itu tadi, mendapat jawaban dari seseorang lebih memuaskan daripada jawaban dari sebuah mesin yang tetap saja informasinya terbatas. Jawaban dari seorang teman, bisa menjadi sebuah rekomendasi untuk memilih.

Seorang teman akan bepergian ke pulau seribu, karena saya pernah ke sana, dia menanyakan kepada saya mengenai penginapan dan transportasi. Walau sebenarnya dia sudah browsing sebelumnya. Tapi mendengar cerita dan pengalaman itu lebih mengasyikkan.

Jadi, jangan malu bertanya, karena google tidak bisa menjawab semuanya. Coba kamu googling, siapa jodoh saya, pasti ga ada jawabannya. Iyalaah haaaannn..!

Leave a Reply

